Chrysanthemum Tea

Teh bunga chrysant atau dapat juga disebut chrysantemum tea ternyata sudah lama jenis teh ini beredar. Baru pertama kali menikmati teh ini ketika makan malam di Shanghai Blue 1920. Teh yang memiliki rasa khas ini, ternyata memiliki khasiat bila kita meminumnya seperti bisa menghilangkan panas dalam, mencegah sakit tenggorokan, mengurangi stres, dan lain sebagainya. Sungguh beruntung, ternyata ada seorang teman kantor menawarkan bunga chrysant yang merupakan bahan baku untuk membuat teh chrysant. Langsung saja membeli satu bungkus kecil (10gr) untuk mencoba terlebih dahulu.

 Bunga Chrysanthemum

Sudah terbayang rasanya menyeduh sendri teh chrysant saat bersantai di rumah. Akhirnya setelah beberapa minggu membeli bunga chrysantnya, baru memiliki kesempatan untuk membuatnya sendiri. Setelah memasukkan bunga chrysant ke dalam cangkir dan ditambah sedikit gula agar memberi rasa manis, air panaspun dituangkan (walau sebenarnya lebih baik menggunakan teko agar bunga yang rontok tidak tertelan saat meminumnya). Setelah warna air di dalam cangkir berganti dan sudah tidak terlalu panas lagi, saya langsung meminum teh chrysant buatan sendiri dengan perasaan senang. Benar saja, ada rasa khas dari teh ini yang menurut saya benar-benar nikmat, apalagi meminumnya ketika hujan gerimis.

Secangkir Teh Chrysant

Rasanya kurang bila hanya meminum satu cangkir teh ini, setelah habis tidak tersisa air teh di dalam cangkir, langsung segera menyeduh kembali bunga chrysant yang masih ada di dalam cangkir (bunganya tidak ikut saya minum :p ). Rasa teh pada seduhan kedua memang tidak sekuat saat seduhan pertama, tetapi rasa nikmat meminum teh ini dapat dirasakan. Gemericik air hujan dan hangatnya teh chrysant membuat pikiran menjadi tenang di tengah kesibukan kerja dan kuliah.

Bila Anda tertarik untuk mencoba menyeduh sendiri bunga chrysant, silakan hubungi, nanti akan dipesankan ke teman kantor kalau persediaan masih ada. :)