Kapasitas Email dengan Domain Pribadi Bisa 7GB

Kapasitas email dengan domain pribadi yang kita punya, ternyata bisa dibuat besar kapasitasnya hingga 7GB, padahal mungkin kapasitas hosting yang dilanggan hanya 100MB. Caranya cukup mudah, google memberikan sebuah layanan dengan cara memindahkan server pada domain kita ke server yang dimiliki google.

Pastikan Anda sudah memiliki layanan domain pribadi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke cpanel hosting dan memilih google apps wizard seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah berikutnya adalah mendaftarkan domain yang kita miliki dan menginstall google apps. Saat mendaftarkan domain yang dimiliki, akan diminta untuk verifikasi data bahwa kita memang betul pemiliki dari domain yang didaftarkan. Ada beberapa cara, salah satunya adalah menaruh kode dari google di header domain pribadi. Setelah selesai verifikasi, mendaftar dan mengistall google apps, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengubah MX Entry yang domain pribadi ke server google. Caranya adalah dengan kembali ke cpanel dan memilih menu mx entry seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah terakhir ini menghapus mx entry domain pribadi menjadi mx entry dari google, yaitu

Tunggu beberapa saat dan kita sudah dapat menggunakan email domain pribadi di google. Bila sebelumnya untuk masuk ke email domain pribadi menggunakan webmail.domainpribadi.com dan memasukkan user serta password email. Maka, sekarang untuk masuk ke email domain pribadi yang perlu dilakukan adalah menuju ke gmail.com kemudian memasukkan email pribadi dan password. 

Berhasil? Selamat, berarti sudah dapat menggunakan email domain pribadi dengan kapasitas hingga 7GB. Selain itu, dapat menggunakan fasilitas-fasilitas yang ada pada gmail, seperti google plus, drive, dan sebagainya. Selamat mencoba..  :2thumbup