Mari Menabung

Menurut KBBI online, berikut beberapa defisnisi yang berkaitan dengan menabung

me·na·bung adalah v menyimpan uang (di celengan, pos, bank, dsb)

me·na·bung·kan adalah v memasukkan uang sebagai uang simpanan

ta·bung·an n 1 tempat menabungkan uang; celengan; 2 uang tabungan; uang simpanan

Menabung memiliki manfaat yang luar biasa, benar dengan pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.  Jadi teringat lagu menabung yang dinyanyikan Saskia, Geofany, dan Titiek Puspa waktu kecil. Kegiatan menabung sejak kecil sudah menjadi suatu kebiasaan yang diajarkan oleh keluarga. Teringat waktu masa kecil sering sekali dibelikan celengan dari tanah liat, berbentuk ayam, kendi, semar, kendaraan, dan sebagainya. Menabung di celengan yang saya lakukan bukan dalam jumlah yang besar, tetapi recehan hasil kembalian setelah membeli sesuatu. Celengan yang digunakan saat ini merupakan tempat bekas herbal life yang ditutupi dengan kertas kuarto berwarna kuning.

Celengan ini sudah menemani 4 tahun dan menjadi salah satu ritual setiap tahun baru untuk membuka dan menghitungnya. Teringat pertama kali membuka hasil celengan ini dalam kurun waktu setahun berjumlah sekitar 600 ribu rupiah, dan terus menurun hingga pada tahun 2012 hanya berjumlah Rp 297.600,-. Tahun 2013 ini ketika celengan dibuka dan dihitung ternyata jumlahnya sebesar Rp 178.000,-

Menabung recehan di celengan mungkin tidak terlalu menghasilkan jumlah besar bahkan tergolong kecil, tetapi menurut saya uang receh yang dikumpulkan dalam setahun dapat digunakan untuk keperluan lain. Siapa tahu bisa seperti paman Gober yang memiliki gudang uang receh :ngakaks , atau paling tidak seperti Carl dan Ellie pada film UP yang digunakan untuk keperluan mendadak.