Petualangan ke Singapura, Macau, dan Hongkong

Perjalanan keluar negeri memang menyenangkan, bisa mendapat pengalaman berharga dan seperti membuka pengetahuan yang dimiliki. Istilahnya helicopter view-nya menjadi semakin luas. Hal ini karena sudah semakin tinggi helikopternya terbang, sehingga lebih banyak lagi yang dapat dilihat. Perjalanan keluar negeri pertama kali pernah dilakukan ketika tahun 2005 dengan tujuan Arab Saudi.Waktu itu, saya dan keluarga menunaikan ibadah umroh ke Mekkah, selain itu singgah di Madinah dan Jeddah. Sekitar awal tahun 2012, saya memiliki kesempatan untuk mengunjungi 2 negara (3 tempat) yang terletak di kawasan Asia, yaitu Singapura, Macau, dan Hongkong (Macau dan Hongkong merupakan daerah administratif khusus dari negara Republik Rakyat Cina). Saat mengunjungi negara-negara tersebut tidak memerlukan visa, hanya memerlukan passport yang masih aktif. Hal lainnnya yang perlu disiapkan adalah jadwal dan informasi tempat-tempat yang akan dikunjungi sehingga saat berada di negara-negara tersebut tidak menghabiskan waktu untuk bertanya atau kesasar.

Perjalanan ke Singapura, Macau, dan Hongkong memberikan pengalaman yang berkesan. Singapura dan Hongkong, kedua tempat tersebut sudah memiliki mass rapid transportation yang memudahkan untuk berpergian dan mencapai tujuan yang diinginkan. Aman dan nyaman, kira-kira seperti itu gambaran transportasi umum di kedua negara tersebut. Hal lain yang mirip diantara ketiga tempat yang dikunjungi adalah keteraturan dari orang-orangnya, bila mengantri secara otomatis mereka akan membentuk barisan tanpa ada yang menyuruh. Kotanya bersih tidak terlihat ada yang membuang sampah sembarangan, sepertinya sudah menjadi kesadaran bagi penduduknya untuk menghargai dan menghormati orang lain (observasi di tempat yang dikunjungi). Pengalaman berpergian keluar negeri dapat dibaca pada artikel Perjalanan ke Singapura, Perjalanan ke Macau, dan Perjalanan ke Hongkong.

Singapura, Macau, Hongkong

Tidak terlalu banyak tempat yang dapat dikunjungi karena keterbatasan waktu yang dimiliki, akan tetapi pengalaman pergi ke Singapura, Macau, dan Hongkong membuat saya berkeinginan untuk kembali mengunjungi ketiga tempat tersebut dan mengunjungi negara-negara lainnya agar helicopter view saya semakin luas. Sekembalinya ke tanah air, harapan saya sendiri semoga Indonesia bisa lebih tertib, bersih, aman, dan nyaman. Walau saat ini belum terlalu teratur, bersih, aman, dan nyaman, saya percaya dan yakin kalau negara Indonesia akan menjadi mercusuar dunia nantinya. Bagaimanapun juga, Indonesia tempat lahir dan akan tetap GARUDA DI DADAKU.