Uji Coba ERP

Pemerintah Daerah DKI Jakarta, saat ini sedang melakukan uji coba ERP (Electronic Road Pricing), yaitu suatu sistem dalam rangka pengendalian kepadatan lalu lintas dengan cara pemungutan retribusi secara elektronik bagi kendaraan yang melalui sejumlah jalan di Jakarta pada pukul tertentu. Penerapan ERP diharapkan dapat membuat masyarakat meminimalisasi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih menggunakan kendaraan umum yang pada akhirnya dapat mengurangi kepadatan lalu lintas. Uji coba dilakukan pada Jl. Rasuna Said dengan gerbang ERP berada di depan gedung Setiabudi One.

ERP Smarter Jakarta

Saat melewati daerah Kuningan, saya melihat tanda bagi yang mau ikut serta dalam uji coba ERP dapat mendaftarkan diri dengan mengirimkan email nomor handphone, dan alasan mengapa mau ikut serta dalam uji coba. Bagi yang terpilih akan diberikan OBU (On Board Unit) yang berfungsi sebagai alat sensor yang dipasang pada kendaraan yang akan memotong deposit secara otomatis pada saat melewati gerbang ERP. Menunggu 2 hari, pihak Smarter Jakarta menghubungi dan memberitahu bahwa saya ikut serta dalam uji coba ERP ini dan diminta untuk datang ke Setiabudi One untuk mengambil OBU serta penjelasan oleh tim Smarter Jakarta.

OBU ERP Smarter  Jakarta

Bila sudah memiliki alatnya dapat melakukan registrasi secara online dan self-service melalui website Smarter Jakarta, setelah berhasil maka akan mendapatkan email konfirmasi. Fungsi-fungsi yang dapat dilakukan adalah melihat data identitas, pesan, deposit atau isi ulang, denda, maupun informasi transaksi. Smarter Jakarta juga menyediakan aplikasi yang dapat digunakan pada handphone android.

Sistem ERP baik nantinya akan diterapkan atau tidak, harapan saya, Pemda DKI Jakarta tetap menyediakan kendaraan umum yang aman, nyaman, tepat waktu seperti di beberapa negara seperti Singapura, Inggris, Jepang, atau negara lainnya, sehingga masyarakat akan memilih untuk menggunakan kendaraan umum dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Untuk lebih jelas mengenai ERP dapat mengunjungi:
www.smarterjakarta.com (Website)
SmarterJakarta (Facebook)
@SmarterJakarta (Twitter)